TENTANG KEPUTIHAN

Bakterial Vaginosis (BV)

KEPUTIHAN

Keputihan dan cairan vagina bukanlah hal yang tidak lazim, dan biasanya memiliki konsistensi dan bau manis yang berbeda-beda untuk setiap wanita. Vagina yang sehat sedikit asam, dengan kadar pH rendah yang berkisar antara pH 3.8-4.51. Tingkat keasaman alami ini dipertahankan oleh bakteri baik penghasil asam laktat yang dikenal sebagi lactobacilli. Bakteri ini berkembang biak dengan optimal di lingkungan yang asam, dan memiliki peran penting untuk sistem perlindungan alami terhadap banyak hal, salah satunya infeksi.

 

BAKTERIAL VAGINOSIS (BV)

Bakterial Vaginosis, atau umumnya dikenal sebagai BV, adalah isu kesehatan wanita yang sangat umum dan menyerang sekitar satu dari tiga wanita pada satu ketika dalam hidup mereka. Kita semua memiliki bakteri baik (yang dapat mencegah infeksi) dan bakteri jahat (yang dapat menyebabkan infeksi) yang hidup di dalam vagina, namun jika ini menjadi tidak seimbang dan tingkat pH vagina menjadi terlalu tinggi, hal ini dapat menyebabkan radang, keputihan dan bau amis, dimana kondisi ini dikenal sebagai BV. Maka, BV adalah infeksi bakteri yang terjadi akibat adanya pertumbuhan lactobacilli yang tidak mencukupi, dan pertumbuhan jenis-jenis bakteri lainnya yang berlebih. Hal ini mengubah pH vagina, menjadikannya basa—dimana seharusnya bersifat asam.

Beberapa gejala BV adalah keputihan abnormal yang bersifat encer, dapat berwarna putih atau abu-abu dan berbau amis agak tajam. Gejala keputihan karena BV sekilas dapat terlihat mirip dengan gejala infeksi lainnya, maka perlu diingat bahwa BV tidak menyebabkan rasa sakit/nyeri, gatal atau iritasi.

 

PENYEBAB BAKTERIAL VAGINOSIS

Ada beberapa hal yang dapat merubah keasaman alami vagina, termasuk:

  • Tingkat hormon yang berubah-ubah selama menstruasi, kehamilan atau menopause
  • Hubungan seksual (air mani/sperma bersifat basa)
  • Mengkonsumsi antibiotik
  • Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (intrauterina device atau coil)
  • Penggunaan produk organ intim yang mengandung parfum/wewangian
  • Merokok
  • Stres

RELACTAGEL®

Relactagel® gel asam laktat yang telah terbukti secara klinis dapat mengobati dan mencegah Bakterial Vaginosis (BV).